Thursday, January 18, 2007

Bogota di Mata Orang Jakarta (Gue..)

Baru sekarang nih bisa nyeritain pendapat gue tentang Bogota, capital city of Colombia setelah setengah tahun ada di negara ini (well, 75%-nya sih gue abisin dihutan, bukan di bogota). Kolombia adalah negara amerika latin kedua yg gue datengin setelah venezuela.

Begitu sampe di Bogota langsung kentara "aura latin" dan udaranya yang sejuk. Wajar aja dengan rata2 suhu 14 degC dan posisi Bogota di ketinggian 2500-an m diatas permukaan laut, bikin kedinginan gue yg biasa tinggal di jakarta yg pesisir dengan suhu 30-an itu. Enaknya sih jadi gak perlu AC kalo tinggal di sini. Udara di Bogota juga bersih banget, hal ini didukung sama pepohonan yg masih banyak tersebar di Bogota dan adanya public-park yang rapi terawat. Disini juga nggak keliatan tuh asap polusi dari kendaraan bermotor. Bahkan kalo gue perhatiin, dari knalpot2 mobil, motor, maupun bis dan truk, jarang gue liat ada asep ngebul, nggak tau nih gara2 mesinnya bagus apa bahan bakarnya yg bagus.

Untuk urusan transportasi, umumnya sih orang sini lebih prefer punya mobil daripada motor. Motor tuh rasionya kecil banget dibanding mobil (bandingin ama Jakarta). Pengendara motor juga ada kewajiban tambahan selain helm, yaitu harus pake body-cover scotlight yg ada nomer yg sama dengan plat nomer motor. Selain itu di helm juga harus ada nomer yg sama dengan plat. Dengan tongkrongan yg full nomer itu, wajar aja kali kalo orang sini lebih milih naek mobil, atau angkutan umum.

Untuk angkutan umum di Bogota ini sepanjang yg gue liat, cuman ada bus dan taxi. Gak pernah gue liat model angkot, ojeg motor, bajaj, bemo, apalagi becak. Jenis bus yg pernah gue liat di Bogota ini ada yg tipe mini, bus sedang, bus antar kota (bis gede), dan andalan Bogota, Trans Milenio, yang merupakan inspirator dari TransJakarta.

Kalo di Bogor terkenal sama angkotnya yg bejibun, nah di Bogota ini banyak banget Taxi berseliweran 24 jam. Semua Taxi warnanya kuning meski dari perusahaan yg berbeda, walaupun ada juga taxi charteran yg warnanya putih (system invoice). Taxi di Bogota relatif murah dan system argonya nggak nunjukin nilai duit secara langsung, tapi hanya berupa angka bulat aja yg nantinya dikonversi ke berapa peso yg harus dibayar. Di bangku penumpang biasanya ada tabel konversi dari angka terkecil 15 sampe angka terbesar sekitar 200. Misalnya begitu argo nunjukin angka 45 maka kalo dikonversikan kita kudu bayar sekitar 4000 peso (sekitar 17rb rupiah).Nah kalo extranjero (orang asing) kayak gue sih disaranin naek taxi putih yg itungan sewanya perjam walaupun kita makenya cuman sebentar.

Nah kalo jaraknya gak jauh sih biasanya gue (dan orang2 Bogota) lebih suka jalan kaki. Hal ini dimungkinkan karena Bogota tuh "ramah" banget sama pejalan kaki dan pesepeda secara disediain sarana yg memadai. Bayangin aja coba, di jalan utama trotoar buat pejalan kaki tuh lebarnya sama atau bahkan lebih besar dari jalanan buat mobil. Dengan udara yg sejuk dan bebas polusi, maka jalan kaki adalah kegiatan yg menyenangkan.

Penyebab lain gue suka jalan kaki, selain karena jarak deket, menyehatkan dan hemat ongkos, adalah karena orang Bogota tuh ramah2 dan 'enak diliat'. Nah kalo definisi cakep (cantik dan ganteng) itu masih, idung mancung, dagu lancip, kulit bagus, maka di Bogota tuh banyak banget orang2 cakep, baik cewek maupun cowok. Buat artis2 Indonesia yg modalnya tampang doang atau orang2 sok cakep se-Indonesia, coba deh maen ke Bogota, biar bisa bilang "nggak bisa sombong kalo cuman cakep doang.!"Iya dong, selain wajah dan fisik tuh nggak abadi, banyak kok orang cakep yg gak sombong (model2 Nabi Yusuf kali yah, cakep tapi gak sombong).

Di Bogota ini gue pernah liat Cewek cakep kayak Tamara Blezinski, jualan koran. Ada yg cakepan dikit dari Desy Ratnasari jadi room-service di hotel. Anak Jalanannya aja yg ngelap kaca2 mobil atau ngasong di lampu merah, banyak tuh yg cakep walopun rada dekil.

Seperti kota2 lainnya di dunia, Bogota juga ada anak2 jalanan, pengemis, tukang asongan, tukang ngamen dan pemulung. AnJal2 biasanya jadi tukang semir sepatu, tukang lap kaca mobil, atau jualan permen/coklat. Pengamen di Bogota jarang yg berupa org nyanyi, kebanyakan mereka adalah show performer, biasanya sih juggling pake bola atau pin. Ada juga yg pake enggrang atau maen akrobat. Pengemis sama juga kayak di Jakarta, ada orang tua (biasanya bajunya sih lebih necis dari pengemis di Jakarta), ada yg masih muda, ada juga yg bawa anak2 kecil

Susah nemu orang yg bisa bahasa Inggris di sini, yah wajar aja sih karena espanyol khan juga salah satu bahasa besar Dunia. Tapi orang Latin tuh biasanya seneng kalo ada orang asing yg berusaha untuk ngomong pake bahasa spanyol. Dasarnya emang mereka tuh seneng ngobrol sama hang-around, jadi jangan heran kalo tiap malem, cafe-cafe, bar, restauran dan tempat nongkrong laen selalu rame. Mereka emang suka ngumpul2 dan pesta. Tempat hiburan malem banyak banget di Bogota sini, ada Casino, Night-Club, Striptease, dan lainnya. Oh iya, judi, miras dan prostitusi tuh legal di sini (mudah2an Jakarta nggak gitu deh..!).

Seperti negara barat lain, maka free sex dan sex sebelum nikah adalah hal yg wajar disini, bahkan homosex biasa aja disini dengan adanya club2 homo (Jangan sampe deh Jakarta kayak gini). Padahal umpatan yg umum disini kalo orang sebel atau kesel biasanya mereka ngucap "marika!!" (gay) sama "puta!!" (pelacur). Sering banget deh ngeliat cowok sama cewek "nempel" trus ciuman di depan publik gitu. Mereka sih cuek aja, lha guenya khan yg bengong...!

Pengalaman lain gue disini adalah dicium (pipi lho.!) sama cewek. Kebiasaan orang sini kalo ketemu atau berpisah adalah cium pipi baik cewek-cowok (kecuali cowok sama cowok, nah yg ini cuman di Argentina aja). Katanya sih itu justru nunjukin persahabatan dan menghargai (bo'ong nggak seeh..?), kalo nggak, katanya dianggap nggak menghargai. Well, gue sih ngomong baek2 kalo di Indonesia tuh "perboden" deh kalo cowok nyium cewek yg bukan siapa2nya. Banyak yg heran sih gue bilang gitu, tapi Alhamdulillahnya, banyak juga yang ngerti.

Cewek Kolombia pertama yg nyium gue (bukan gue cium lho..!), adalah klien gue. Kaget banget pas ngucapin "hasta luego" (sampai jumpa), tau-tau 'cup..' pipi dia nempel ke pipi gue..... maakk...!! Langsung aja deh temen gue yg liat dan tau kalo budaya gue tuh gak biasa sama yg kayak gitu, ngeledekin gue abis2an.

Cewek kedua (nah lho,... duuh, istriku jangan marah yah..), adalah temennya dari temen gue (gak kenal padahal), orangnya sih jail, setelah tau kalo gue itungannya "pemalu" untuk ukuran cowok, dan gak pernah nyium cewek selain keluarga gue, ehh... pas dia pamit tau2... pipinya nempel ke pipi gue dan "muuaah...". Sialnya abis itu dia ketawa2 sama temen gue ngeliat muka gue merah dan gue jadi salting gitu.

Ada kedutaan Indonesia di Bogota (meskipun nggak ada kedutaan Kolombia di Indonesia), dan orang Indonesia yg tercatat di Kedutaan sekitar 49 orang, dimana 2 orang adalah mahasiswa yg kuliah di Bogota, 3 orang pekerja dan sisanya adalah staf kedutaan dan keluarganya.
Bogota sih secara keseluruhan cukup bagus dan enak buat tempat tinggal, tapi kayaknya siCantik sama theBangors masih lebih seneng tinggal di Indonesia.

No comments: