Saturday, January 27, 2007

Porsi makan orang Latin


Selama di Bogota tuh yang gue kagum salah satunya adalah kegemaran orang2 sini (dan orang Amerika latin lainnya) dalam hal makan. Dari desayunar (makan pagi), almorsar (makan siang), cenar (makan malem) sampe lonche (snack tengah malam), bahkan sekedar snack time atau coffe time, mereka tuh nggak ada matinya deh..

Nggak heran banyak toko2 atau warung2 dari model moko, kaki lima, dan cafe2 atau restoran yg jualan aneka ragam comidas (makanan) dan bebidas (minuman), tumbuh subur di Bogota sini. Dan selalu penuh euy…

Bisa dilihat kalo jam makan siang, wuih yang namanya antrean di restaurant, jangan ditanya lagi. Atau jam-jam khusus kayak, malem sabtu atau saat ada fiesta (hari libur), tuh restaurant atau cafe2 pasti deh pada penuh.

Gue jadi rada2 salut sama orang2 Kolombia terutama Bogota sini yg badannya ramping atau proporsional (banyak juga sih yg ‘gordo/gorda’ – gemuk). Bukannya apa-apa, selain seneng nongkrong buat makan, porsi sekali makannya aja juga banyak banget.

Seperti rata2 restoran di barat, ada yg namanya entrada, main menu, dan postress atau dessert. Nah buat gue entrada-nya aja udah bikin kenyang (jangan2 gue mesen menu utama buat entrada yah…), abis banyak banget sih. Entrada/pembuka ini kayak appetizer biasanya lah, ada soup, cocktail udang dan lainnya.

Masuk ke menu utama, disini umumnya sama seperti makanan barat lain. Daging dan ayam adalah hal yg umum tersedia. Sekali lagi, jangan ditanya deh porsinya kalo beli di restoran. Tuh daging buat makan sekeluarga di Indonesia, jadi santapan buat satu orang aja. Belon lagi temen2nya kayak salad, nasi atau kentang, dan ada juga pan/roti. Secara gue nggak makan daging, maka yg gue pesen biasanya adalah ikan atau salad. Nah sama aja tuh, porsinya…. Terlalu banyak buat ukuran gue (tapi kok selalu abis yah..?)

Kalo makan di cafĂ© atau restaurant, rata2 kita bisa ngerogoh kocek sampe COL$ 25rb lah (sekitar Rp.100rb) sekali makan, itu juga makan yg gak terlalu mewah. Nah bisa dibayangin khan kalo sehari tiga kali makan, maka bisa abis Rp.300rb sehari atau sekitar Rp.9jt – an sebulan buat makan satu orang aja. Padahal dengan pendapatan rata2 mereka yg Rp.10jt-an (gaji minimum di Bogota kira-kira Rp.2.5jt). Kok kayaknya tuh duit abis buat makan aja yah….

Ya nggak lah, itu khan kalo makan direstoran terus2an. Kalo masak sendiri atau belinya diwarung sih ya murah2 aja. Menu satu paket makan siang yg terdiri dari 2 pastel, dan satu minuman ringan ‘cuman’ seharga C$ 5rb – sekitar Rp20rb. Itu aja udah ngenyangin banget, karena pastelnya gede-gede dan dalamnya bisa isi, nasi, kentang, daging, ayam, ikan, sayur, atau kombinasinya.

Mengingat animo masyarakat sini yg demen makan, dan secara belon ada warung baso, soto atau somay….. laku nggak yah kalo gue buka warung disini.?

3 comments:

Yuliazmi said...

Kerja oiy... kerja. Ngomongin makanan melulu :P

http://yuli.bedeng.com

silverring said...

Giling...
BTW lo kerja di mana sih?

fibusa said...

Hi..
nanya donk. Aku rencana mo diajakin ke Ecuador dan Peru sekitar November mendatang. Lagi cari-cari info nih.. Kalo Kita orang Indo (paspor indo tentunya) perlu pakai Visa gak sih untuk liburan maksimal 1 bulannya... dan susah nggak ngatasin petugas imigrasi pas kita tiba di sana nanti... Thx