Thursday, January 18, 2007

Gue dan Sepatu-Sepatu

Sebenernya gak ada yg khusus apalagi spesial mengenai hubungan antara gue sama sepatu-sepatu yg pernah gue punya. Apalagi sepanjang sejarah hidup gue sampe sekarang, sepatu yg gue punya tuh relatif dikit, makanya gue masih rada2 apal tentang sepatu2 yg gue punya.

Baru di kelas dua sma, gue beli sepatu pake duit sendiri. Sebelumnya sih, sejak smp, gue selalu dikasih duit ama nyokap. Biasanya sih bunda gue tersebut ngasih duit buat beli sepatu, satu paket sama buat beli tas, diawal tahun ajaran baru sekolah. Besarnya dana sih variasi antara 10rb-20rb (termasuk buat beli tas lho.!)

Gue kurang begitu inget berapa total sepatu yg gue punya waktu tk sampe sd. Yang gue inget sih sepatu gue tuh biasanya merek Bata (ada juga bubblegummer waktu tk). TK gue punya 2 pasang sepatu, yg satu Bata item fantovel, yang atunya lagi warna putih, mereknya.... ya bubblegummer dari toko Bata. Dua pasang sepatu itu seperti sepatu anak2 tk umumnya, nggak pake tali.

Kalo waktu sd biasanya babe gue beliin tiap naek kelas kecuali pas kelas 3 sama pas kelas 5. Tapi waktu kelas 4 gue punya dua pasang yg salah satunya sepatu kungfu, tau khan bahan kain beludru item yg bawahnya karet ceper, pokoknya kayak sepatu2 yg dipake di filem2 kungfu deh..

Awal masuk smp, gue dapet hadiah sepatu, Bata item pake tali, beli di toko Bata di pasar Mayestik kebayoran baru (tuh toko masih ada ampe sekarang). Dan di pertengahan tahun ajaran gue beli sepatu satu lagi merek warrior, tau khan sepatu dari kain kanvas tingginya ampe mata kaki, pake tali warnyanya item dengan sol karet putih setinggi 1 senti-an, trus ada logo warrior bulet putih dari karet di samping, pas di mata kaki. Tuh warrior gue beli di pasar kebayoran lama seharga 12rb, harga umumnya sih 15rb (tahun 87-an). Sepatu warrior itu gue beli gara2 itu sepatu 'agak' resmi TLUP / paskibra yg merupakan salah satu ekskul yg gue ikutin selain pramuka dan KIR. Dua pasang sepatu itu sempet dapet temen sepatu kungfu yg gue beli di kelas 2 smp.

Awal masuk sma, gue masih sempet make warrior sampe semester 2, yang akhirnya diganti sama sepatu sport item bertali, kalo gak salah mereknya sih Osaka, yg dibeliin nyokap di toko Bata di... yah betul pasar mayestik, sekalian beli celana abu2.

Kelas 2, dengan duit 15rb dari nyokap, gue beli sepatu capung, buterfly, seharga 7rb dan tas kaen seharga 5rb. Ni sepatu biasanya dipake buat maen bulutangkis. Bentuknya mirip warrior yg dipendekin. Dari kaen kanvas juga jadi bisa dilipet, dimasukin tas... trus ganti sendal. Nah dari kelas 2 gue suka nyendal buat berangkat atau pulang sekolah. Kadang2 juga pas dikelas juga suka pake sendal.

Sampe kelas 3 sepatu gue tuh cuman 2 sepatu capung (item sama putih) dan sepatu kungfu (yg akhirnya sobek). Ada satu sepatu lagi sih, warna item yg dari kelas satu itu, cuman gue kurang suka, abisnya kalo lepas sepatu, kaki bau banget (bau jempol kata orang2). Padahal kalo pake sepatu2 yg laen nggak gitu. Oh iya sejak 1 sma gua gak pernah pake kaus kaki, walaupun katanya ini melanggar peraturan seragam sekolah (bener nggak seeh..?). Soalnya gue pernah "digaruk" sama senior kelas tiga gara2 gak pake kaus kaki trus pernah juga di "tegur" sama bu Supi pas lagi duduk, keliatan gak pake kaoskaki.

Selama kuliah gue punya 2 sepatu, yang satu butterfly item, yang satunya lagi sepatu kulit coklat pake tali (kulit juga) seharga 25rb yg gue beli di taman puring dg merek "DocMart" (hehehe..bajakan.!). Tuh sepatu gue beli sebagai syarat kalo gue mau gawe di BTA 70. Dan sepatu itu gue beli dari gaji pertama gue di BTA sebesar 68rb (sisanya 48rb dipake buat makan2 di kost). Tuh sepatu selalu gue pake kalo ngajar aja di BTA, sedang buat kuliah gue biasanya nyendal, atau ya.. nyapung kalo pas ujian. Lha pas wisuda aja gue pake sendal jepit.

Sepatu termahal berikutnya yg gue beli adalah sepatu kulit item tinggian dikit dari mata kaki, trus pake ritsleting di sampingnya. Sepatu ini gak ada mereknya, tapi ada stempel ABRI, maklum nih sepatu biasa dipake buat seragam upacaranya ABRI. Gue beli di koperasi AURI seharga 90rb (harganya 100rb trus pas ada potongan 10% karna itu stok lama). Gue beli sepatu itu khusus buat acara spesial, lamaran. Gue beli tuh sepatu bulan September 1998, dan masih awet sampe sekarang (well, pernah dijahit sih dua kali). Sepatu ini merupakan sepatu gue yg "bersejarah" nemenin gue kemana aja, dan ampe sekarang merupakan sepatu yg "resmi" satu2nya yg gue punya.

Sepatu berikutnya:

Sepatu kanvas, warna biru pake tali merek Bata, seharga 80rb, gue beli bulan Desember tahun 1999 di GORO Depok, buat syarat yg harus dibawa waktu gue diterima di Schlumberger.

Sepatu kanvas, warna biru pake tali tanpa merek, seharga 30rb, gue beli di Pasar Pendopo Sumatra Selatan, gue beli buat olahraga di Pendopo.

Sepatu Lari merek Tomkins, warna putih seharga 120rb yg dibeliin siCantik di Ciledug Mall awal tahun 2005. Ini sepatu yg lagi gue pake saat ini.

No comments: